Col. Sanders mulai menjual ayam gorengnya di pom bensin miliknya pada tahun 1939 di Corbin, Kentucky yang selanjutnya pindah ke sebuah motel. Ia menutup usahanya pada akhir 1940-an sewaktu jalan tol Interstate melalui kotanya. Pada awal 1950-an, ia mulai berkeliling Amerika Serikat dan bertemu dengan Pete Harman di Salt Lake City, Utah, dan pada tahun 1952 bersama-sama mendirikan restoran Kentucky Fried Chicken yang pertama di dunia (restoran pertamanya tidak menggunakan nama tersebut). Sanders menjual seluruh waralaba KFC pada tahun 1964 senilai 2 juta USD, yang sejak itu telah dijual kembali sebanyak tiga kali. Pemilik terakhir adalah PepsiCo, yang menggabungkannya ke dalam divisi perusahaan Tricon Global Restaurants yang sekarang dikenal sebagai Yum! Brands, Inc. Pada tahun 1997, Tricon terpisah dari PepsiCo.
Di Indonesia, pemegang hak waralaba tunggal KFC adalah PT. Fastfood Indonesia, Tbk (IDX: FAST) yang didirikan oleh Kelompok Usaha Gelael pada tahun 1978, dan terdaftar sebagai perusahaan publik sejak tahun 1994. Restoran KFC pertama di Indonesia dibuka pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta.
Bedah Website
Pada bedah website ini penulis hanya akan membedah website lokal yang beroperasi di Indonesia atau telah di Franchise-kan yaitu website http://www.kfcindonesia.com atau http://www.kfcku.com dan website penjualan online mereka yakni http://www.pesankfc.com
Pada halaman awal (home) KFC Indonesia, memiliki tampilan yang cukup menarik dengan gambar yang bergerak pada bagian tengah website dan promosi pada bagian bawah selain itu terlihat pula terdapat fasilitas fast response langsung (kiri layar) memilih Lokasi Restoran, Pesan Online dengan menghubungi 14022 dan mendaftar dengan menggunakan alamat email agar mendapatkan promo mingguan dari KFC Indonesia, juga terdapat beberapa menu pilihan selain home yaitu Layanan (digunakan untuk drive thru, Pesan Antar, Catering dan Member), Promo (untuk mempromosikan produk baru atau tersedia dengan harga yang terjangkau), KFC Indonesia (berisikan informasi seputar KFC Indonesia) dan Hubungi Kami (untuk menghubungi KFC Indonesia). Tersedia pula media sosial seperti Facebook fanpage, twitter dan Youtube.
Penulis yang berlokasi di Kota Depok mencoba menggunakan fasilitas fast response untuk mendapatkan informasi Restoran KFC yang berlokasi di Kota Depok, muncul beberapa lokasi yang dapat dikunjungi diantaranya yang berlokasi di Depok Plaza, Depok Mall, ITC Depok dan Margonda Raya (disamping Margocity), berikut layanan yang tersedia di KFC tersebut yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung. Akan tetapi satupun KFC diatas belum pernah penulis kunjungi karena penulis lebih sering berkunjung ke KFC yang terdapat di Lenteng Agung, Jakarta Selatan selain lebih sering ada urusan disana dan lebih banyak menu yang tersedia juga lokasi yang begitu strategis.
Pada menu layanan terdapat beberapa fasilitas yang dapat digunakan untuk memudahkan para pelanggan, diantaranya sebagai berikut :
Pesan Antar 14022
Tak punya banyak waktu dan pekerjaan menumpuk, namun perut sudah tak mau kompromi? Atau ingin makan tapi tak bisa ke mana-mana ? Sekarang anda tak perlu bingung. Karena kini KFC buka jalur cepat tuntaskan lapar Anda melalui call center 14022 yang dapat diakses 24 jam selama 7 hari dalam seminggu, sepanjang tahun, hari besar, hari libur, bahkan di hari raya sekalipun.
Konsumen dengan mudah bisa telephone dan memesan KFC kapan saja, di mana saja, dari rumah, dari kantor atau tempat lainnya.
Layanan Call Center 14022 dapat dinikmati konsumen dalam radius terbatas dengan syarat dan ketentuan sebagai berikut :
1. Batas wilayah antar maksimum 5 km dari outlet KFC terdekat.
2. Waktu antar pesanan +/- 30 menit.
3. Tanpa minimum order.
4. Dikenakan delivery cost Rp10.000,- untuk sekali antar.
Selain dari akses nomor 14022, konsumen juga dapat menghubugi langsung ke nomor telp store.
KFC Catering
Kenikmatan menu-menu KFC tidak hanya bisa dinikmati di restoran KFC saja, tetapi juga di rumah, di sekolah, ataupun di kantor, baik untuk acara ulang tahun anak, remaja, dewasa, keluarga, dan acara lainnya melalui layanan KFC Catering (indoor & outdoor service).
KFC Catering service mampu menyediakan kebutuhan acara dengan kualitas prima, mulai dari produk makanan hingga pelayanan terbaik.
KFC Catering satu-satunya layanan yang dapat mengirim hingga 200.000 boks perhari dengan tepat waktu sampai ditujuan.
KFC Catering dilengkapi oleh beberapa fasilitas lainnya guna menunjang kebutuhan customer kapan saja dan di mana saja, antara lain :
1. Armada yang cukup
2. Mobil unit dapur yang dapat memasak ditempat
3. Tenda dan kursi
4. Band KMHL dan masih banyak lainnya
Untuk informasi lebih lanjut hubungi CALL CENTER 14022
Pesan Online
Pesan Online dapat dilakukan dengan mengunjungi website PesanKFC.com yaitu sistem pemesanan online Kentucky Fried Chicken. Sayangnya untuk saat ini hanya melayani pesanan di kota Jakarta, sehingga penulis yang berlokasi di Kota Depok tidak dapat mendaftar serta membedah Website tersebut.
Pada menu promo terdapat beberapa list promo produk yang dapat dinikmati pelanggan setianya dan disertai tanggal dari produk tersebut tersedia di KFC seluruh Indonesia.
Pada menu Info KFC terdapat beberapa submenu diantaranya Profil KFC itu sendiri, Info CSR dan Promo KFC.
Profil KFC
1. Sejarah
PT Fastfood Indonesia Tbk. adalah pemilik tunggal waralaba KFC di Indonesia, didirikan oleh Gelael Group pada tahun 1978 sebagai pihak pertama yang memperoleh waralaba KFC untuk Indonesia. Perseroan mengawali operasi restoran pertamanya pada bulan Oktober 1979 di Jalan Melawai, Jakarta, dan sukses outlet ini kemudian diikuti dengan pembukaan outlet-outlet selanjutnya di Jakarta dan perluasan area cakupan hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Keberhasilan yang terus diraih dalam pengembangan merek menjadikan KFC sebagai bisnis waralaba cepat saji yang dikenal luas dan dominan di Indonesia.
Bergabungnya Salim Group sebagai pemegang saham utama telah meningkatkan pengembangan Perseroan pada tahun 1990, dan pada tahun 1993 terdaftar sebagai emiten di Bursa Efek Jakarta sebagai langkah untuk semakin mendorong pertumbuhannya. Kepemilikan saham mayoritas pada saat ini adalah 79,6% dengan pendistribusian 43,8% kepada PT Gelael Pratama dari Gelael Group, dan 35,8% kepada PT Megah Eraraharja dari Salim Group; sementara saham minoritas (20,4%) didistribusikan kepada Publik dan Koperasi.
2. Produk KFC
Kami memasak produk kami jauh di atas suhu minimum yang direkomendasikan oleh WHO. Kami telah mengembangkan prosedur standar yang akan meminimalkan resiko kontaminasi silang antara produk mentah dan siap-untuk-makan.
Kami menyediakan informasi tentang nilai gizi dari produk KFC untuk membantu pelanggan kami dalam merencanakan makan sehat dan seimbang. Untuk menggoreng semua produk kami, kami menggunakannon-terhidrogenasi minyak sawit yang mengandung jumlah signifikan lemaktrans dan kolesterol itu adalah 100% gratis.
Kami memiliki tim teknologi pangan terus-menerus bereksperimen denganrasa baru dan konsep kreatif untuk memberikan nilai lebih, pilihan danpilihan sehat bagi pelanggan kami. Selain memperkenalkan produk ke pasar internasional, kami juga telah mengembangkan beberapa rasa lokal yang populer yang dirancang untuk memungkinkan pelanggan kami untuk menikmati pengalaman bersantap yang menarik
3. Quality Control (Kontrol Kualitas)
Kentucky Fried Chicken (KFC) Corporation, anggota dari industri restoran cepat saji, menggunakan program canggih untuk mengelola kualitas layanan yang menawarkan kepada para pelanggannya. Pada kuartal terakhir 1989,divisi tengah selatan KFC meluncurkan program uji coba di empat restoran Kota Oklahoma untuk meningkatkan kecepatan layanan di drive - through - jendela operasi.
Ini terbukti sangat sukses. Restoran memotong waktu pelayanan oleh lebih dari setengah sementara meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Mereka juga secara dramatis mengungguli restoran lainnya di divisi keuntungan, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan transaksinasabah.
Proses perbaikan di restoran pengujian telah menjabat sebagai tolok ukur untuk restoran KFC lainnya yang bertujuan untuk perbaikan proses yang berkesinambungan, sedangkan waktu pelayanan berkurang sekarang menjabat sebagai spesifikasi revisi dalam pengukuran kualitas KFC dan program manajemen.
Ini terbukti sangat sukses. Restoran memotong waktu pelayanan oleh lebih dari setengah sementara meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Mereka juga secara dramatis mengungguli restoran lainnya di divisi keuntungan, pertumbuhan penjualan, dan pertumbuhan transaksinasabah.
Proses perbaikan di restoran pengujian telah menjabat sebagai tolok ukur untuk restoran KFC lainnya yang bertujuan untuk perbaikan proses yang berkesinambungan, sedangkan waktu pelayanan berkurang sekarang menjabat sebagai spesifikasi revisi dalam pengukuran kualitas KFC dan program manajemen.
CSR atau Program CSR (Corporate Social Responsibility) adalah program KFC seputar kegiatan dunia pendidikan melalui program beasiswa, pembangunan dan renovasi sekolah. Kemudian ditingkatkan dengan pemberian kesehatan secara gratis kepada rakyat Indonesia, Bekerjasama dengan Lembaga Kesehatan Cuma-Cuma (LKC).
Promo KFC
Promo disini sama seperti promo pada menu promosi sebelumnya, hanya saja pada menu sebelumnya hanya menampilkan informasi berupa tanggal dan pada submenu ini yaitu menambahkan gambar dari promo yang tersedia dan dapat dinikmati oleh pelanggan setianya tersebut.
Pada menu Hubungi Kami, kita pengunjung di persilahkan memasukan data pribadinya, seperti halnya guestbook (daftar pengunjung) pada website lainnya yang digunakan untuk mendapatkan masuk (umpan balik) dari konsumen terhadap menu atau layanan yang tersedia pada KFC Indonesia. Sedangkan pada submenu selanjutknya seperti Chaki, KHML, Info KFC dan Produk ini hanya sitemap (peta halaman website) dari menu promosi dan menampilkan metadata yang tersedia website KFC Indonesia.
Demikianlah sedikit ulasan yang dapat penulis paparkan tentang KFC Indonesia, lebih kurangnya penulis memohon dimaafkan dan tak lupa penulis ucapkan terima kasih semoga bermanfaat.
Sumber : http://www.kfcindonesia.com dan http://www.kfcku.com
0 komentar untuk KFC (Kentucky Fried Chicken) T03